• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Cara Menampilkan Hello World dengan C++

 on Tuesday, December 10, 2013  

Cara Menampilkan Hello World dengan C++


Cara Menampilkan Hello World dengan C++ - Selamat malam, pada kesempatan kali ini kajianinformasi.blogspot.com akan membahas mengenai Cara Menampilkan Hello World dengan C++.

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan dalam dalam membuat suatu program aplikasi, salah satunya adalah C++. Dalam C++, salah satu tools yang dapat digunakan untuk membuat suatu program adalah CodeBlocks. Umumnya program yang dibuat dengan menggunakan CodeBlocks berbasis Command Prompt (CMD), masih belum berbasis Graphical User Interface (GUI). Digunakannya pemrograman berbasis teks, agar seseorang yang ingin mempelajari bahasa pemrograman lebih memahami bagaimana cara kerja suatu program melalui kode program.

Belajar bahasa pemrograman umumnya di awali dengan membuat suatu teks "Hello World" atau menampilkan teks "Hello World", untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel dibawah ini tentang Cara Menampilkan Hello World dengan C++.

Cara Menampilkan Hello World dengan C++



Cara Menampilkan Hello World menggunakan C++

Cara Menampilkan Hello World dengan C++Cara menampilkan kata Hello World pada C++ | Bagaimana cara menampilkan Hello World di C++ | Menampilkan Hello World dengan C++ | Cara menampilkan Hello World menggunakan C++ | Hello World pada C++

Cara Menampilkan Hello World dengan C++ - Menampilkan kata "Hello World" merupakan dasar dari semua bahasa pemrograman, karena dasar bahasa pemrograman harus dipahami terlebih dahulu. Dalam pembahasan kali ini, perintah yang digunakan adalah perintah untuk menampilkan suatu output atau keluaran dalam pemrograman untuk menampilkan kata "Hello World". Berikut kode program Cara Menampilkan Hello World dengan C++.

Dengan menggunakan header file <iostream.h>:

#include <iostream.h>
void main(){
cout << "Hello World" << endl;
}

Keterangan dan penjelasan program:
Jika menggunakan header file <iostream.h>, maka perintah yang digunakan adalah cout yang berfungsi untuk menampilkan output ke monitor, sedangkan cin berfungsi untuk meminta input dari user.

Pada kode program menampilkan Hello World di atas, void main merupakan fungsi utama. cout << "Hello World" berfungsi untuk menampilkan kata "Hello World" ke monitor, sedangkan << endl berguna untuk ganti baris, sehingga press any key akan muncul di bawah kata "Hello World", bukan di sampingnya.

Dengan menggunakan header file <stdio.h>:

#include <stdio.h>
void main(){
printf("Hello World \n");
}

Keterangan dan penjelasan program:
Jika menggunakan header file <stdio.h>, maka perintah yang digunakan adalah printf yang berfungsi untuk menampilkan output ke monitor, sedangkan scanf berfungsi untuk meminta input dari user.

Pada kode program menampilkan Hello World di atas, void main merupakan fungsi utama. printf("Hello World"); berfungsi untuk menampilkan kata "Hello World" ke monitor, sedangkan perintah \n  berguna untuk ganti baris, sehingga press any key akan muncul di bawah kata "Hello World", bukan di sampingnya.

Jika menggunakan program MinGW, ganti void pada fungsi utama dengan int, sehingga tidak terdapat error dan program dapat dijalankan.

Sekian pembahasan tentang Cara Menampilkan Hello World dengan C++. Semoga artikel tentang Cara Menampilkan Hello World dengan C++ ini bermanfaat kita semua, terutama yang baru mempelajari bahasa pemrograman C++. Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Menampilkan Hello World dengan C++.

Cara Menampilkan Hello World dengan C++ 4.5 5 Kajian Informasi Tuesday, December 10, 2013 Cara Menampilkan Hello World dengan C++ Cara Menampilkan Hello World dengan C++ - Selamat malam, pada kesempatan kali ini kajianinfor...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme