• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian Pendidikan

 on Sunday, December 8, 2013  

Pengertian Pendidikan


Pengertian Pendidikan - Selamat malam sahabat semuanya. Kali ini kajianinformasi.blogspot.com akan membahas mengenai Pengertian Pendidikan. Pendidikan itu sangat penting bagi kehidupan kita, karena dengan pendidikan, kita dapat mengatasi permasalahan dalam kehidupan dan juga dapat terhindar dari kebodohan. Mungkin sobat belum tahu tentang Pengertian Pendidikan ? nah, untuk itu silahkan baca artikel dibawah ini tentang Pengertian Pendidikan.

Pengertian Pendidikan


Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan – Pendidikan adalah/ Pendidikan yaitu/ Pendidikan merupakan/ yang dimaksud Pendidikan/ arti Pendidikan/ definisi Pendidikan.

Pengertian Pendidikan -  Pendidikan berawal sejak manusia berada di kandungan hingga akhir hayat. Ada beberapa Pengertian Pendidikan, antara lain:

Menurut UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003, menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual atau keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Menurut UU No. 20 tahun 2003, menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual atau keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pendidikan berasal dari kata 'didik' yang mendapat imbuhan 'pe' dan mendapat akhiran 'an'. Dengan demikian, kata tersebut mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Definisi pendidikan secara bahasa adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran.

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan merupakan tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Artinya menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, sehingga mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Dari beberapa Pengertian Pendidikan di atas, disimpulkan bahwa pendidikan adalah bimbingan atau bantuan yang diberikan orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak mampu melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.

Baiklah sobat kajianinformasi.blogspot.com, itulah pembahasan mengenai Pengertian Pendidikan. Mudah-mudahan sobat bisa mengerti dan memahaminya dengan baik sehingga bermanfaat untuk kehidupan sobat. Terimakasih telah membaca artikel tentang Pengertian Pendidikan.

Pengertian Pendidikan 4.5 5 Kajian Informasi Sunday, December 8, 2013 Pengertian Pendidikan Pengertian Pendidikan - Selamat malam sahabat semuanya. Kali ini kajianinformasi.blogspot.com akan membahas men...


2 comments:

Powered by Blogger.
J-Theme