• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Jenis-Jenis Array

 on Saturday, December 14, 2013  

Jenis - Jenis Array - Selamat pagi sobat kajianinformasi.blogspot.com, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian Array. Dengan demikian sobat kajian informasi sekalian telah mengetahui apa itu array? Nah, kali ini kajian informasi akan membahas mengenai jenis-jenis array.

Jenis - Jenis Tipe Data Array - Terdapat beberapa jenis array yang akan kajian informasi bahas. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja jenis-jenis array, silahkan sobat baca Jenis - Jenis Array sebagai berikut.

Jenis-Jenis Array




Jenis - Jenis Array | Macam - Macam Array | Jenis Array | Macam Array


Jenis - Jenis Array - Di sini akan dibahas dua buah jenis array. Jenis array yang pertama adalah array satu dimensi. Array satu dimensi tidak lain adalah kumpulan elemen-elemen yang identik dan tersusun dalam satu buah baris. Elemen-elemen tersebut memiliki tipe data yang sama, namun isi dari elemen tersebut boleh berbeda-beda.

Bentuk umumnya sebagai berikut:
nama_variabel_array[jumlah_elemen_array] = {elemen_0, elemen_1, ....., elemen_n};

Jenis - Jenis Array - Selanjutnya adalah jenis array yang kedua. Jenis array yang kedua adalah array dua dimensi. Array dua dimensi ini sering digambarkan sebagai sebuah matriks. Array dua dimensi merupakan perluasan dari array satu dimensi. Jika pada array satu dimensi hanya terdiri dari sebuah baris dan beberapa kolom elemen, maka pada array dua dimensi ini terdiri dari beberapa baris dan beberapa kolom elemen dengan tipe data yang sama.

Bentuk umumnya sebagai berikut:
nama_variabel_array[jumlah_baris][jumlah_kolom];

Contohnya:
angka[2][2] = {12, 36}
                      { 3 ,  7 }

Jenis - Jenis Array - Pendeklarasian array dua dimensi hampir sama dengan pendeklarasian array satu dimensi. Pada array dua dimensi terdapat dua jumlah elemen yang terdapat di dalam kurung siku. Elemen array dua dimensi diakses dengan menuliskan kedua indeks elemennya ke dalam kurung siku seperti pada contoh berikut.

Sebagai contoh, kotak yang memiliki dua buah baris dan lima buah kolom.
bool kotak[2][2];
kotak[0][0] = true;
kotak[0][1] = false;
kotak[1][0] = true;
kotak[1][1] = true;

Sehingga array papan dengan tipe data boolean jika digambarkan dalam bentuk matriks menjadi:
kotak = {true, false}
             {true, true }

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis array, semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Jenis - Jenis Array.

Jenis-Jenis Array 4.5 5 Kajian Informasi Saturday, December 14, 2013 Jenis - Jenis Array - Selamat pagi sobat kajianinformasi.blogspot.com, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme