• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Perangkat Lunak Aplikasi

 on Monday, March 3, 2014  

Pada kesempatan sebelumnya telah disajikan Artikel Program Aplikasi Perhitungan Premi Asuransi Jiwa. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Perangkat Lunak Aplikasi. Taukah Anda apa saja pengelompokan perangkat lunak? Apa saja jenis perangkat lunak berdasarkan cara mendapatkan dan hak pemakaiannya? Apa pengertian tentang hak cipta atau copyright©? Apa saja perbedaan antara versi dan rilis? Apa pengertian dari interface? Apa saja contoh-contoh perangkat lunak aplikasi? Nah, untuk mengetahui lebih lengkap, silahkan baca artikel berikut yang berjudul Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat Lunak Aplikasi


A. Pengelompokan Perangkat Lunak


1.  Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software)

Perangkat lunak aplikasi atau dalam bahasa inggris disebut sebagai application software merupakan program yang digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas spesifik.

2.  Perangkat Lunak Sistem (System Software) atau Perangkat Lunak Pendukung (Support Software)

Perangkat Lunak Sistem (System Software) atau Perangkat Lunak Pendukung (Support Software) merupakan program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan I/O (input/output).

B. Berdasarkan Cara Mendapatkan dan Hak Pemakaian


1.  Perangkat Lunak Komersial (Proprietary Software)

Perangkat Lunak Komersial (Proprietary Software) merupakan perangkat lunak yang harus dibeli (ada hak ciptanya).

2.  Perangkat Lunak Domain-Public

Perangkat Lunak Domain-Public merupakan perangkat lunak yang bersifat gratis dan tidak memiliki hak cipta.

3.  Shareware

Perangkat Lunak Shareware merupakan perangkat lunak yang bebas digunakan untuk pengujian. Diharapkan user (pemakai) memberikan dana kepada pembuatnya, jika user bermaksud menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali ada hak ciptanya, tetapi terkadang bebas diberikan kepada siapa saja.

4.  Freeware

Perangkat Lunak Freeware merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali.

5.  Rentalware

Perangkat Lunak Rentalware merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan dengan cara menyewa, karena perangkat lunak tersebut memiliki hak cipta.

6.  Free Software (Richard Stallman)

Free software merupakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber (source code) yang dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas dikembangkan sendiri oleh user (pemakai) (asal lisensi memperbolehkan). Bisa didapatkan secara gratis atau membayar dengan harga yang murah.


C. Penjelasan Istilah


1.  Hak Cipta (copyright©)

Hak Cipta (copyright©) merupakan hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa ijin pemegangnya.

2.  Copyleft

Menggunakan hak cipta, yang memberikan hak kepada pemakai untuk menjalankan, memodifikasi, hingga mendistribusikan versi modifikasinya, tetapi melarang menjadikannya program proprietary.

3.  Open Source (Eric Raymond)

Open source digunakan untuk menghilangkan makna free pada free software yang dapat bermakna gratis atau bebas. Idenya adalah jika setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan perangkat lunak, diharapkan perangkat lunak tersebut akan segera berevolusi menuju kesempurnaan.

Hak-hak pada open source:
1.  Membuat salinan dan mendistribusikannya.
2.  Dapat mengakses source code agar dapat memodifikasi.
3.  Melakukan pengembangan terhadap program.

D. Perbedaan Versi dan Rilis


1.  Versi

Versi digunakan untuk menyatakan perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya, versi dinyatakan dengan 2.0, 3.0, 4.0 dan seterusnya. Bisa juga menggunakan tahun, misal Windows 95, Windows 97, Windows 2000, dan seterusnya.

2.  Rilis

Rilis digunakan untuk menyatakan perubahan kecil terhadap versi perangkat lunak yang sama, misalnya 4.0, 4.1, 4.11, 4.12, 4.12.1, dan seterusnya.

E. Interface (Antarmuka Pemakai)


Interface atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai antarmuka merupakan bentuk interaksi antara pemakai dan komputer. Pada generasi awal, interface menggunakan command-driven. User atau pemakai dihadapkan dengan prompt shell dan perlu menuliskan perintah agar komputer melaksanakan tugasnya. Saat ini yang umum digunakan adalah GUI (Graphics User Interface) dengan penggerak mouse. Dengan menggunakan GUI, perintah dikemas dalam bentuk menu serta icon yang dapat di-click, double click, ataupun di drag and drop dengan menggunakan mouse.

Pembahasan selengkapnya dapat dilihat pada video berikut:



Demikian pembahasan mengenai Perangkat Lunak Aplikasi. Semoga artikel tentang Perangkat Lunak Aplikasi di atas dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda. Terima kasih telah membaca Pembahasan tentang Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat Lunak Aplikasi 4.5 5 Kajian Informasi Monday, March 3, 2014 Pada kesempatan sebelumnya telah disajikan Artikel Program Aplikasi Perhitungan Premi Asuransi Jiwa . Pada kesempatan kali ini, kajianinform...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme