• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Kesimpulan Makalah Manusia dan Pendidikan

 on Sunday, February 23, 2014  

Makalah Manusia dan Pendidikan | Kesimpulan Makalah Manusia dan Pendidikan | Kesimpulan Manusia dan Pendidikan


Jika sebelumnya telah disajikan Makalah Manusia dan Pendidikan dan Video Manusia dan Pendidikan, maka pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com memberikan Kesimpulan dari Makalah Manusia dan Pendidikan.

Kesimpulan Makalah Manusia dan Pendidikan

Kesimpulan


Pendidikan merupakan sarana dalam menumbuh-kembangkan potensi manusia untuk bermasyarakat dan menjadi manusia yang sempurna. Menurut paham eksistensialisme ada sifat manusia yang tidak dimiliki hewan antara lain:
  • Kemampuan menyadari diri.
  • Kemampuan bereksistensi.
  • Pemilikan kata hati.
  • Moral.
  • Kemampuan bertanggung jawab.
  • Rasa kebebasan (kemerdekaan).
  • Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak.
  • Kemampuan menghayati kebahagiaan.
Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Belajar merupakan proses ketika organisme mengubah perilakunya karena hasil pengalaman. Pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk menumbuh-kembangkan seluruh potensi yang ada dalam peserta didik.

Ada tiga lingkungan pendidikan, yaitu:
a. Pendidikan di keluarga
b. Pendidikan di sekolah
c. Pendidikan di masyarakat

Tujuan pendidikan merupakan seperangkat hasil pendidikan yang dicapai oleh peserta didik setelah diselenggarakan kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan dibagi menjadi tiga antara lain:
a. Tujuan Institusional
b. Tujuan Kurikulum
c. Tujuan Pembelajaran



Fungsi pendidikan adalah menghilangkan penderitaan rakyat dari kebodohan dan ketertinggalan. Sehingga orang yang berpendidikan mampu mengatasi berbagai macam permasalahan dalam kehidupannya.

Jenis-jenis pendidikan menurut Suwarno (1985:7-8) antara lain:
1. Menurut tujuannya
2. Menurut lembaga pendidikan
3. Menurut aspek pendidikan
4. Menurut perkembangan peserta didik
5. Menurut metode yang digunakan

Jenis pendidikan dan pengajaran yang terdapat dalam UU No.4 Tahun 1950 Bab V Pasal 6 yaitu:
1. Menurut jenisnya, pendidikan dan pengajaran dibagi atas:
        a. Pendidikan dan pengajaran taman kanak-kanak
        b. Pendidikan dan pengajaran rendah
        c. Pendidikan dan pengajaran menengah
        d. Pendidikan dan pengajaran tinggi.
2. Pendidikan dan pengajaran luar biasa diberikan khusus untuk mereka yang memerlukan

Belajar adalah usaha utuk mendapatkan kepandaian. Pengertian belajar menurut Rohayani yakni:
a. Belajar harus menghasilkan perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman.
b. Dalam belajar, harus ada upaya memperoleh kepandaian.
c. Belajar merupakan pengalaman melalui praktik.
d. Perubahan perilaku muncul karena adanya usaha sadar dari si pelajar.

Demikian Kesimpulan Makalah Manusia dan Pendidikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi atau ide dalam membuat makalah Anda.

Kesimpulan Makalah Manusia dan Pendidikan 4.5 5 Kajian Informasi Sunday, February 23, 2014 Makalah Manusia dan Pendidikan | Kesimpulan Makalah Manusia dan Pendidikan | Kesimpulan Manusia dan Pendidikan Jika sebelumnya telah disa...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme