• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Array

 on Tuesday, December 17, 2013  

Pendahuluan dan Pengertian Array

     Array atau yang biasa disebut juga dengan larik merupakan suatu struktur yang terdiri dari sejumlah elemen dengan nama dan tipe data yang sama, setiap elemennya dibedakan sesuai indeks arraynya.
     Dari pengertian di atas, array juga dapat dinamakan sebagai variabel berindeks, yaitu variabel yang memiliki indeks di dalamnya. Array biasa digunakan untuk menyimpan beberapa data dengan tipe data yang sama dan disimpan sesuai indeks array secara berurutan. Dalam mengakses array bisa dilakukan secara berurutan maupun secara acak berdasarkan indeks yang dimaksud secara langsung.
     Terdapat beberapa jenis array, misalnya array dimensi satu, array dimensi dua dan array dimensi banyak atau yang biasa disebut juga dengan array multi-dimensi.
Array

Jenis-Jenis Array

1.  Array Dimensi Satu
     Array dimensi satu adalah array yang paling sering digunakan. Array dimensi satu memiliki deklarasi yang sama, tetapi memiliki indeks yang berbeda-beda, dan saat elemen array diisi, pengisian array tersebut dilakukan melalui indeks.
     Indeks array akan dibuat secara otomatis setelah ditentukan berapa nilai array tersebut, dan indeks pada array dimulai dari angka 0. Bentuk penulisan array dimensi satu pada pemrograman adalah tipe_data nama_variabel[ukuran]. Jadi, tipe_data adalah tipe data dari variabel tersebut, misalnya integer, char, float dan lain sebagainya. Contohnya, int angka[10] = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}, artinya kita membuat variabel array dengan nama angka dengan tipe data integer yang berisikan 10 buah elemen atau 10 buah indeks.
2.  Array Dimensi Dua
     Array dimensi dua adalah sebuah variabel dengan tipe data yang sama dan memiliki dua buah indeks yang berbeda.
     Bentuk penulisan array dimensi dua pada pemrograman adalah tipe_data nama_variabel[jumlah_baris][jumlah_kolom]. Jadi, tipe_data adalah tipe data dari variabel tersebut, misalnya integer, char, float dan lain sebagainya. Contohnya, int angka[2][2] = {{1, 2}, {3, 4}}, artinya kita membuat variabel array dengan nama angka dengan tipe data integer yang berisikan 2 elemen/indeks pada elemen pertama dan 2 elemen/indeks pada elemen yang kedua. Sehingga akan terdapat empat ruang, yaitu angka[0][0], angka[0][1], angka[1][0] dan angka[1][1].
3.  Array Multi-dimensi
     Array multi-dimensi adalah array yang memiliki dimensi/elemen yang tidak terbatas. Dimensi pada array multi-dimensi ini sesuai dengan kebutuhan pengguna.
     Bentuk penulisan array multi-dimensi pada pemrograman adalah tipe_data nama_variabel[jumlah_elemen1][jumlah_elemen2].....[jumlah_elemenN]. N merupakan banyaknya jumlah elemen yang dibutuhkan oleh pengguna. Contohnya int angka[2][3][3], pengisian nilainya adalah angka[2][3][3] = { {(1, 2, 3), (4, 5, 6), (7, 8, 9)}, {(10, 11, 12), (13, 14, 15), (16, 17, 18)} }.


Kelemahan dan Kelebihan Array

1.  Kelemahan Array
     a.  Ukuran memori pada array tidak dapat diubah
     b.  Jumlahnya terbatas
     c.  Menyia-nyiakan waktu untuk komputasi
     d.  Tipe data harus sama
     e.  Membebani program, sehingga program menjadi lebih berat ketika dijalankan.
2.  Kelebihan Array
     a.  Tidak mudah crash
     b.  Cepat dalam pengeksekusiannya
     c.  Efisien dalam penyimpanan data, jika semua data terisi
     d.  Waktu pengaksesan kesetiap elemen sama
     e.  Mudah saat diakses, karena dapat mengakses elemen yang diinginkan tanpa melalui elemen yang lainnya.

Kesimpulan

     Array adalah sebuah variabel yang dapat menyimpan banyak nilai. Karena variabel tersebut memiliki elemen-elemen atau indeks untuk menyimpan nilai-nilai tersebut. Array akan sangat berguna jika digunakan pada permasalahan yang tepat. Begitu juga alokasi memorinya, jika seluruh elemennya terisi, maka akan sangat efisien, namun jika tidak semua elemennya terisi, maka akan sangat boros dari sisi penggunaan memori atau alokasi memorinya.
     Array merupakan variabel yang hanya dapat diberikan satu tipe data saja di setiap variabelnya. Jadi, pada satu variabel array, hanya dikenali satu tipe data saja. Ada beberapa jenis array, seperti array dimensi satu, array dimensi dua dan array multi-dimensi. Namun, array multi-dimensi adalah array yang paling jarang digunakan pada umumnya.

Demikian artikel yang berjudul Array, semoga bermanfaat bagi sobat kajian informasi sekalian. Terima kasih telah membaca artkel yang berjudul Array.

Array 4.5 5 Kajian Informasi Tuesday, December 17, 2013 Pendahuluan dan Pengertian Array       Array atau yang biasa disebut juga dengan larik merupakan suatu struktur yang terdiri dari sejumla...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme