• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian MySQL

 on Tuesday, January 28, 2014  

Selamat pagi sobat kajian informasi.
Kali ini, kajian informasi akan membahas tentang Pengertian MySQL. Taukah sobat tentang MySQL? Jika sobat belum mengetahui apa itu MySQL, maka sobat dapat membaca pembahasan mengenai Pengertian MySQL di bawah ini. Berikut penjelasan tentang Pengertian MySQL.

Pengertian MySQL | MySQL adalah | MySQL merupakan | Penjelasan tetang MySQL | Arti MySQL | Arti dari MySQL

Pengertian MySQL

MySQL dieja "My Ess Que Ell" adalah DBMS yang multithread, multiuser dan merupakan perangkat lunak basis data yang dikembangkan oleh perusahaan bernama MySQL AB. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi juga dijual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunanya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Sebagai sebuah produk, ada beberapa poin penting mengenai MySQL, yaitu:
  • ~   MySQL merupakan suatu Database Management System (DBMS)
  • ~   MySQL adalah suatu Relational Database Management System (RDBMS). RDBMS sendiri adalah salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya hubungan antar tabel
  • ~   MySQL merupakan sebuah produk yang didistribusikan secara open source
  • ~   MySQL dapat berjalan dengan baik dihampir semua platform sistem operasi.




Selain itu, MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain:

a.   Portability
 MySQL dapat berjalan stabil diberbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Solaris, Amiga, dan lain sebagainya.

b.   Open Source
MySQL didistribusikan secara open source (gratis), di bawah lisensi GPL, sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.

c.   Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

d.   Performance Tuning
MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan artian dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

e.   Column Types
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed/unsigned, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain sebagainya.

f.    Command and Functions
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.

g.   Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas level subnetmask, nama host dan izin akses pengguna dengan sistem perizinan yang detail serta password yang terenkripsi.

h.   Scalability and Limits
MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel, serta 5 milyar baris. Selain itu, batas indeks yang dapat ditanggung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

i.    Connectivity
MySQL dapat melakukan koneksi dengan client menggunakan protokol TCP/IP atau Unix Soket (UNIX).

j.    Localosation
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada client dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa Meski demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

k.   Interface
MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

l.    Clients and Tools
MySQL dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat digunakan untuk administrasi database dan pada setiap tool yang ada disertakan petunjuk online.

m.  Table Structure
MySQL memiliki struktur tabel yang fleksibel dalam menangani ALTER, TABLE, dibandingkan database lainnya semacam PostgreSQL ataupun ORACLE.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian MySQL. Semoga pembahasan tentang Pengertian MySQL dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Pengertian MySQL.

Sumber: Asisten Praktikum Basis Data - Modul Praktikum Basis Data 4.pdf

Pengertian MySQL 4.5 5 Kajian Informasi Tuesday, January 28, 2014 Selamat pagi sobat kajian informasi. Kali ini, kajian informasi akan membahas tentang Pengertian MySQL . Taukah sobat tentang MySQL? Jika s...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme