Pengertian Individu dan Karakteristik pada Peserta Didik | Pengertian Individu dan Karakteristik pada Siswa | Pengertian Individu dan Karakteristiknya | Individu dan Karakteristiknya
Selamat Pagi Sobat Kajian Informasi! Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas mengenai Pengertian Individu dan Karakteristiknya. Taukah Sobat Kajian Informasi tentang Individu? Dan taukah Sobat Kajian Informasi tentang Karakteristik dari Individu? Jika Sobat Kajian Informasi masih belum mengetahui gambaran tentang Individu dan Karakteristiknya, silahkan membaca artikel berikut ini yang berjudul Pengertian Individu dan Karakteristiknya:
- Pengertian Individu
Manusia dengan kedudukannya sebagai peserta didik haruslah menempatkan manusia sebagai pribadi yang utuh. Dalam pendidikan, lebih ditekankan hakekat manusia sebagai kesatuan sifat dari mahluk individu dan juga sebagai mahluk sosial. Individu berarti tidak dapat dibagi (undivided) dan tidak dapat dipisahkan. Keberadaannya sebagai mahluk yang tunggal dan khas. Khas di sini memiliki artian bahwa seseorang berbeda dengan orang yang lainnya, karena ciri-cirinya unik tersebut.
Menurut Echols & Shadaly (1975:519), menyatakan bahwa individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, oknum.
- Karakteristik Individu
- Aspek Perkembangan Individu
• Penerimaan (Acceptance)
Sikap ini meliputi pengenalan dan pengakuan terhadap berbagai kemampuan dan keterbatasan mental, emosi, fisik, dan sosial yang dimiliki oleh anak.
• Rasa Aman
Rasa aman merupakan kebutuhan dasar manusia yang perlu memperoleh keamanan, sehingga dalam proses belajar-mengajar diperlukan adanya rasa disayangi dan diterima oleh kelompok dan guru.
• Pemahaman akan Adanya Individualitas (Differences)
Pemahaman pendidik bahwa tidak ada manusia yang sama, serta perilaku siswa selalu bersifat unik, menjadikan perlunya kesabaran dalam menghadapi berbagai perilaku anak.
- Memahami Perbedaan Individual
Secara umum, perbedaan inndividual yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan pengajaran di kelas adalah faktor-faktor yang menyangkut kesiapan anak untuk menerima pengajaran, karena perbedaan tersebut akan menentukan sistem pendidikan secara keseluruhan. Perbedaan-perbedaan tersebut harus diselesaikan dengan pendekatan individualnya juga, tetapi tetap harus disadari bahwa pendidikan tidak semata-mata bertujuan untuk mengembangkan individu sebagai individu, tetapi juga erat kaitannya dengan pola kehidupan masyarakat yang bervariasi.
- Perlunya Pemahaman Perkembangan Peserta Didik
Tugas tersebut bukanlah merupakan pekerjaan yang sederhana, melainkan perlu ketelatenan dan dedikasi yang tinggi untuk dapat memahami anak, menyesuaikan penyesuaian tersebut dalam cara mengajar dan dalam pengambilan keputusan. Apapun hambatan yang dialami di lapangan dan bagaimanapun sulitnya memahami setiap individu siswanya, merupakan tugas guru sebagai tenaga pengajar untuk terus melakukan usaha agar proses pengajaran dapat membuahkan hasil yang maksimal.
- Bidang-Bidang Perbedaan
Seorang anak memasuki sekolah dasar pada umur 6 tahun dan ia diperkirakan dapat mengalami kemajuan secara teratur dalam tugas-tugas sekolahnya yang dilihat berdasarkan faktor umur. Selanjutnya terdapat anggapan bahwa, semua anak diharapkan mampu menangkap/mengerti bahan-bahan pelajaran yang mempunyai kesamaan materi dan penyajiannya bagi semua siswa pada kelas yang sama. Ketidakmampuan yang jelas tampak pada siswa untuk menguasai bahan pelajaran, umumnya dijelaskan dengan pengertian faktor-faktor seperti kemalasan atau sikap keras kepala. Kenyataannya, para siswa memang berbeda dalam hal kemampuan untuk menguasai satu atau lebih bahan pelajaran, dan mungkin berada dalam satu tingkat perkembangan. Telah disadari bahwa perbedaan-perbedaaan antara satu dengan lainnya dan juga kesamaan-kesamaan di antara mereka, merupakan ciri-ciri dari semua pelajaran pada suatu tingkatan belajar. Sebab-sebab dan pengaruh perbedaan individu ini dan sejauh mana tingkat tujuan pendidikan, isi dan teknik-teknik pendidikan, hendaknya disesuaikan dengan perbedaan-perbedaan tersebut. Hal ini telah mendapat banyak perhatian dari para ahli ilmu jiwa dan petugas sekolah.
Gary 1963, (Oxendine, 1984: 317) mengkategorikan perbedaan individual ke dalam bidang berikut ini:
1. Perbedaan Fisik
2. Perbedaan Sosial
3. Perbedaan Kepribadian
4. Perbedaan Intelegensi
5. Perbedaan Kecakapan
Demikian pembahasan mengenai Pengertian Individu dan Karakteristik pada Manusia. Semoga artikel yang berjudul Pengertian Individu dan Karakteristik pada Manusia di atas, dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Pengertian Individu dan Karakteristik pada Manusia.
No comments:
Post a Comment