• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

5 Generasi Bahasa Pemrograman

 on Thursday, March 20, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Source Code Program Menghitung Luas Segitiga pada C++ menggunakan iostream. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Generasi-Generasi Bahasa Pemrograman. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "5 Generasi Bahasa Pemrograman"


Generasi-generasi bahasa pemrograman yang dibahas di sini terdiri dari 5 generasi, yaitu (1) Generasi Pertama (Machine Language), (2) Generasi Kedua (Assembly Language), (3) Generasi Ketiga (High-level Language), (4) Generasi Keempat (4GL-Fourth Generation Language), dan (5) Generasi Kelima (Fifth Generation Language).

1. Bahasa Pemrograman Generasi Pertama

Bahasa pemrograman generasi pertama disebut juga sebagai Machine Language. Bahasa pemrograman generasi pertama ini berorientasi pada mesin, sehingga dikembangkan menggunakan bahasa mesin. Generasi ini menggunakan bahasa pemrograman yang cukup kompleks dan sulit untuk dipahami, namun memiliki kecepatan eksekusi yang cepat. Generasi ini masih bergantung pada mesin (machine dependent).

2. Bahasa Pemrograman Generasi Kedua

Bahasa pemrograman generasi kedua disebut juga sebagai Assembly Language, sehingga menggunakan bahasa rakitan (assembly). Bahasa pemrograman generasi kedua ini digunakan sebagai pengganti kode biner, dimana digunakan singkatan dari suatu perintah (mnemonic) misalnya CMP (compare), MOV (move), dan sebagainya. Instruksi bahasa pemrograman generasi kedua ini identik dengan instruksi pada Machine Language. Namun, bahasa pemrograman generasi kedua ini lebih mudah untuk dipahami apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman generasi pertama.

Bahasa pemrograman generasi kedua ini masih banyak digunakan khususnya untuk pengendalian (control) perangkat keras (hardware). Bahasa pemrograman generasi pertama dan kedua (Machine Language dan Assembly Language) termasuk pada bahasa tingkat rendah (low-level language), karena masih berorientasi pada mesin. Beberapa contohnya seperti Turbo Assembler, Macro Assembler, dan sebagainya.

3. Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga

Bahasa pemrograman generasi ketiga disebut juga sebagai bahasa tingkat tinggi (high-level language). Bahasa pemrograman generasi ketiga ini telah mendekati bahasa manusia, dimana menggunakan pendekatan procedural. Beberapa contohnya seperti Algol, Basic, Cobol, C, Fortran, Pascal, dan sebagainya.




4. Bahasa Pemrograman Generasi Keempat

Bahasa pemrograman generasi keempat disebut juga sebagai 4GL (Forth Generation Language). Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk meningkatkan kecepatan ketika membangun perangkat lunak, sehingga produktivitas kerja dapat meningkat. Umumnya, bahasa pemrograman generasi keempat ini digunakan oleh pengguna yang kurang memahami hal-hal teknis. Berbeda dengan generasi ketiga yang termasuk dalam high-level language, generasi keempat ini termasuk dalam very high level language atau disebut juga sebagai problem oriented language. Pendekatan yang digunakan pada 4GL ini adalah non-procedural.

4GL (Forth Generation Language) mendukung:
~ Application/Program Generator, merupakan tools yang digunakan untuk membuat aplikasi dengan lebih mudah.
~ Report Generator, merupakan tools yang digunakan untuk membuat laporan dengan lebih mudah dan lebih cepat.
~ Query, yang memungkinkan untuk membuat query seperti Structured Query Language (SQL) dengan lebih mudah dan lebih cepat.
~ Graphics Generator, merupakan tools yang digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk grafik.

Beberapa contohnya seperti Oracle, Informix, Sybase, PowerHouse, Microsoft Access, Focus, dan sebagainya.

5. Bahasa Pemrograman Generasi Kelima

Bahasa pemrograman generasi kelima ini ditujukan untuk menangani Artificial Intelligence (AI), seperti Natural Language, robotic, expert system, neural network, dan sebagainya. Beberapa contonya seperti Prolog, Lisp, Small Talk, dan sebagainya.

Videonya dapat dilihat di sini:

Demikian pembahasan tentang 5 Generasi Bahasa Pemrograman. Semoga artikel tentang Generasi-Generasi pada Bahasa Pemrograman, dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "5 Generasi Bahasa Pemrograman".

5 Generasi Bahasa Pemrograman 4.5 5 Kajian Informasi Thursday, March 20, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang Source Code Program Menghitung Luas Segitiga pada C++ menggunakan iostream . Pada kesempatan kali ini, kaj...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme