• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga C++ menggunakan iostream

 on Wednesday, March 19, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga pada C++ dengan menggunakan Header File stdio.h. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga C++ menggunakan iostream. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga C++ menggunakan iostream".

Gambar Source Code Program Menghitung Luas Segitiga pada C++ menggunakan iostream

Gambar 1. Source Code Program Menghitung Luas Segitiga pada C++ menggunakan iostream

Gambar 1 menunjukkan bahwa terdapat 20 line kode program yang diperlukan untuk membuat program untuk menghitung luas segitiga pada C++ dengan menggunakan header file iostream.h. Baris ke-1 digunakan untuk mendeklarasikan header file iostream.h (#include ). Hal ini dilakukan untuk memanggil header file iostream.h agar fungsi iostream yang mana nantinya akan digunakan pada fungsi utama dapat dikenali, misalnya cout << dan lain-lain.

Baris ke-3 hingga baris ke-20 merupakan main function dari program perhitungan luas segitiga pada C++ ini. Baris ke-4 digunakan untuk mendeklarasikan variabel pada program menghitung luas segitiga, agar variabel-variabel yang ada dalam source code dapat dikenali oleh system. Tipe data float digunakan untuk mengantisipasi hasil perhitungan luas segitiga yang bernilai pecahan. Deklarasikan variabel terdiri dari alas, tinggi, dan luas.




Baris ke-6 digunakan untuk menampilkan kalimat yang terdapat dalam tanda petik ("), sedangkan baris ke-7 digunakan untuk menerima masukkan user, yaitu alas segitiga. Kedua hal itu serupa dengan baris ke-9 dan ke-10, namun pada baris tersebut digunakan untuk variabel tinggi segitiga. Ketika input diterima oleh program dan disimpan pada variabel alas dan tinggi, maka dilanjutkan dengan menentukan rumus luas segitiga. Sesuai dengan baris ke-12, rumus yang digunakan adalah 1/2 x alas x tinggi atau dapat diketik dengan 0.5 x alas x tinggi pada kode program.

Baris ke-14 sampai baris ke-19 merupakan tampilan output dari program menghitung luas segitiga. Hal ini dapat disesuaikan dengan kreasi masing-masing individu. Baris-baris ini digunakan untuk menampilkan kembali masukkan user sebelumnya, sehingga dapat ditampilkan "diketahui", "rumus luas segitiga", "perhitungan rumus sesuai dengan masukkan user", dan "hasil perhitungan".

Apabila pada header file stdio digunakan fungsi printf() untuk menampilkan output dan scanf() sebagai input, maka pada header file iostream digunakan fungsi cout untuk menampilkan output dan cin untuk input. Serupa dengan pembahasan sebelumnya pada header file stdio, \n digunakan untuk berganti baris atau new line. Hal tersebut dilakukan agar keluaran program menjadi lebih mudah dibaca, sedangkan %f digunakan untuk tipe data variabel dimana pada awal deklarasi variabel digunakan tipe data float. Pengetikan %f ini perlu didampingi dengan nama variabel yang ingin ditampilkan atau variabel yang ingin disimpan nilainya pada variabel tersebut.

Videonya dapat dilihat di sini:


Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Program Menghitung Luas Segitiga pada C++ menggunakan header file iostream. Semoga artikel tentang Cara Membuat Program Perhitungan Luas Segitiga pada C++ menggunakan header file iostream, dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga C++ menggunakan iostream".

Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga C++ menggunakan iostream 4.5 5 Kajian Informasi Wednesday, March 19, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang  Source Code  Program Perhitungan Luas Segitiga pada C++ dengan menggunakan  Header File   stdio.h . Pada k...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme