• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Penerapan Increment dan Decrement setelah Variabel pada C++

 on Tuesday, April 1, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Contoh Penerapan Operator Increment dan Operator Decrement sebelum Variabel pada C++. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Contoh Increment dan Decrement di Belakang Variabel pada C++. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "Penggunaan Increment dan Decrement di Belakang Variabel pada C++".

Contoh Penggunaan Increment dan Decrement di Belakang Variabel pada C++
Gambar 1 Source Code Penerapan Increment dan Decrement setelah Variabel pada C++

Operator increment dan operator decrement merupakan salah operator yang dapat digunakan di dalam pemrograman C++. Operator tersebut biasa digunakan pada perulangan (looping). Bentuk umum penulisan operator increment adalah a++. a merupakan nama variabel (nama variabel ini tergantung dari deklarasi variabel). Bentuk umum penulisan operator decrement adalah b--. b merupakan nama variabel (nama variabel ini tergantung dari deklarasi variabel).

Operator increment berfungsi untuk menambah nilai variabel atau menaikkan 1 tingkat nilai suatu variabel. Operator increment diartikan juga sebagai a+1. Operator decrement berfungsi untuk mengurangi nilai variabel atau menurunkan 1 tingkat nilai suatu variabel. Operator decrement diartikan juga sebagai b-1.

Operator increment dan decrement akan menghasilkan nilai berbeda pada kondisi tertentu. Salah satunya adalah penempatan posisi operator, yaitu di awal variabel atau di akhir variabel. Dalam kasus ini akan dibahas ketika diletakkan setelah variabel, karena penempatan sebelum variabel telah dibahas di sini. Penempatan posisi operator ini dapat berpengaruh dalam proses mengolah data. Artinya, ketika program dieksekusi dan menemui operator increment atau decrement, maka nilai dari variabel tersebut akan dinaikkan atau diturunkan 1 tingkat.

Berikut ini hasil eksekusi source code Gambar 1:


Tampilan Operator Increment Decrement di Akhir Variabel pada C++
Gambar 2 Tampilan Operator Increment dan Decrement di Akhir Variabel pada C++

Berdasarkan Gambar 2 dapat diketahui bagaimana tampilan hasil operator increment ketika program dijalankan. Diketahui bahwa nilai awal variabel A adalah 10. Ketika operator increment diletakkan di akhir atau di belakang variabel, maka nilai awal dari variabel A++ masih bernilai tetap. Hal ini dapat terjadi karena ketika nilai variabel A++ ditampilkan, proses increment masih belum dilakukan karena operator berada setelah variabel A. Ketika nilai dari variabel A ditampilkan kembali, maka nilai variabel A adalah 11. Hal ini terjadi karena ketika eksekusi kode program, telah menemui operator increment (++).

Berdasarkan Gambar 2 dapat diketahui bagaimana tampilan hasil operator decrement ketika program dijalankan. Diketahui bahwa nilai awal variabel B adalah 6. Ketika operator decrement diletakkan di akhir atau di belakang variabel, maka nilai awal dari variabel B-- masih bernilai tetap. Hal ini dapat terjadi karena ketika nilai variabel B-- ditampilkan, proses decrement masih belum dilakukan karena operator berada setelah variabel B. Ketika nilai dari variabel B ditampilkan kembali, maka nilai variabel B adalah 6. Hal ini terjadi karena ketika eksekusi kode program, telah menemui operator decrement (--).

Hasil eksekusi tersebut akan berbeda ketika operator increment atau operator decrement diposisikan atau diletakkan sebelum variabel atau di depan variabel. Untuk mengetahui perbedaannya, baca Contoh Penerapan Operator Increment dan Operator Decrement sebelum Variabel pada C++.

Videonya dapat dilihat di sini.


Demikian pembahasan tentang Contoh Penggunaan Operator Increment dan Operator Decrement di Akhir Variabel pada C++. Semoga artikel tentang Contoh Penerapan Operator Increment dan Operator Decrement setelah Variabel pada C++ dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "Contoh Penerapan Operator Increment dan Operator Decrement di Belakang Variabel pada C++".

Penerapan Increment dan Decrement setelah Variabel pada C++ 4.5 5 Kajian Informasi Tuesday, April 1, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang  Contoh Penerapan Operator Increment dan Operator Decrement sebelum Variabel pada C++ . Pada kesempatan kal...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme