• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pemrograman dan Algoritma

 on Wednesday, March 26, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Source Code Konversi Suhu dengan C++. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Materi Pemrograman dan Algoritma. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "Pemrograman dan Algoritma"

Pemrograman dan Algoritma

Pengertian
Pemrograman adalah proses membuat atau membangun suatu perangkat lunak (software) komputer dengan menerapkan algoritma dan struktur data tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer. Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Struktur data adalah tatanan penyimpanan data yang dibutuhkan program pada perangkat komputer.

Bagan Struktur Program

Mekanisme Eksekusi Program
  • Kode program (source code) diketik atau menyusun kode program terlebih dahulu.
  • Kode program yang telah selesai diketik selanjutnya di-compile dan dieksekusi untuk menjalankannya.
  • Compile adalah proses menerjemahkan kode program yang telah diketik atau didefinisikan dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer tertentu ke bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer, sehingga komputer memahami perintah yang ada dan mampu menjalankannya.


Flowchart
Flowchart (diagram alir) adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan algoritma atau alur program secara logika. Flowchart terdiri dari beberapa simbol yang memiliki kegunaannya masing-masing. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di bawah.

Fungsi Simbol Flowchart


Videonya dapat dilihat di sini:


Demikian pembahasan tentang Materi Dasar Pemrograman dan Algoritma. Semoga artikel tentang Pemrograman dan Algoritma dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "Pemrograman dan Algoritma".

Pemrograman dan Algoritma 4.5 5 Kajian Informasi Wednesday, March 26, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang Source Code Konversi Suhu dengan C++ . Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membah...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme