• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Source Code Input Nilai Array 3x4 pada C++

 on Sunday, March 23, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Source Code Input Nilai ke Array 3x4 pada pemrograman C++. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "Source Code Input Nilai Array 3x4 pada C++".

Tutorial Input Nilai ke dalam Array 3x4 C++

Gambar 1. Source Code Input Nilai ke dalam Array 3x4 C++

Berdasarkan Gambar 1 dapat diketahui bahwa untuk membuat program yang berfungsi sebagai input nilai ke dalam array 3x4 membutuhkan 30 baris kode program. Baris ke-1 hingga baris ke-3 merupakan header file yang digunakan dalam program ini. Header file yang digunakan di sini adalah stdio, tidak menggunakan iostream. Untuk mengetahui perbedaan beberapa macam header file, dapat kunjungi di sini atau di sini.

Selanjutnya masuk ke dalam fungsi utama yang meliputi baris ke-5 hingga baris ke-30. Baris ke-6 digunakan untuk deklarasi variabel, dimana terdapat 3 buah variabel yaitu baris, kolom, dan matriks. Variabel matriks di sini merupakan array 3x4. Baris ke-7 digunakan untuk membersihkan layar atau mengosongkan layar. Baris ke-7 ini dapat digunakan atau tidak digunakan, karena bersifat opsional saja.




Program untuk memasukkan nilai ke dalam array 3x4 ini dilakukan berdasarkan row major order atau dilakukan per baris. Hal ini dilakukan pada fungsi perulangan yang ditunjukkan pada baris ke-12 hingga baris ke-18. Perulangan yang digunakan di sini adalah perulangan for.

Ketika proses perulangan untuk memasukkan nilai ke dalam array 3x4 telah selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah menampilkan isi atau nilai yang telah dimasukkan ke dalam array 3x4. Hal ini dilakukan pada fungsi perulangan for yang ditunjukkan pada baris ke-23 hingga baris ke-28. Sebagai tambahan, baris ke-29 digunakan untuk menghentikan proses sementara atau pause, sehingga setelah hasil nilai array 3x4 ditampilkan tidak langsung end program.

Videonya dapat dilihat di sini:



Demikian pembahasan tentang Source Code Input Nilai ke dalam Array 3x4 pada C++. Semoga artikel tentang Cara Memasukkan Nilai ke dalam Array 3x4 pada C++, dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "Source Code Input Nilai Array 3x4 pada C++".

Source Code Input Nilai Array 3x4 pada C++ 4.5 5 Kajian Informasi Sunday, March 23, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang  Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++ . Pada kesempatan kali ini,  kajianinformasi.blogspot.co...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme