• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++

 on Saturday, March 22, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Karakteristik 16 Bahasa Pemrograman. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan menggunakan C++. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++".

Tutorial Menghitung Jumlah Karakter dengan C++

Gambar 1. Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++

Gambar 1 menunjukkan bahwa terdapat 12 line kode program yang diperlukan untuk membuat program menghitung jumlah karakter dalam suatu array dengan C++. Baris ke-1 digunakan untuk mendeklarasikan header file stdio.h (#include). Hal ini dilakukan untuk memanggil header file stdio.h agar fungsi-fungsi dalam header file stdio.h yang akan digunakan pada fungsi utama dapat dikenali. Fungsi header ini juga dijelaskan pada Source Code Program Perhitungan Luas Segitiga C++ menggunakan stdio. Baris ke-2 juga digunakan untuk mendeklarasikan header file stdlib.h.

Baris ke-3 hingga baris ke-12 merupakan main function dari program menghitung jumlah karakter dengan C++ ini. Baris ke-4 digunakan untuk mendeklarasikan variabel pada menghitung jumlah string dengan C++, agar variabel-variabel yang ada dalam source code dapat dikenali oleh system. Tipe data char digunakan untuk menyimpan data character dengan tipe array, yaitu variabel array kalimat. Variabel kalimat telah diisi dengan nilai "saya sedang belajar pemrograman C++". Baris ke-5 digunakan untuk mendeklarasikan variabel hitung dan i dengan tipe data int.






Baris ke-6 digunakan untuk membersihkan atau mengosongkan layar. Baris ke-7 sampai baris ke-9 merupakan fungsi perulangan. Fungsi perulangan yang digunakan di sini adalah perulangan dengan menggunakan for. Perulangan ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter atau string dari nilai yang disimpan dari variabel array kalimat.

Baris ke-10 digunakan untuk menampilkan nilai yang disimpan pada variabel kalimat dan jumlah karakternya. Baris ke-11 digunakan untuk menampilkan jumlah memory yang dibutuhkan untuk menyimpan nilai dalam variabel kalimat.

Videonya dapat dilihat di sini:



Demikian pembahasan tentang Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++. Semoga artikel tentang Cara Menghitung Jumlah Karakter atau String dengan C++, dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++".

Source Code Menghitung Jumlah Karakter dengan C++ 4.5 5 Kajian Informasi Saturday, March 22, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang Karakteristik 16 Bahasa Pemrograman . Pada kesempatan kali ini,  kajianinformasi.blogspot.com  akan membaha...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme