• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Contoh Penggunaan Operator Penugasan pada C++

 on Saturday, March 29, 2014  

Sebelumnya telah dibahas tentang Dasar-Dasar Operator Aritmatika pada C++. Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan membahas tentang Contoh Operator Penugasan pada C++. Selengkapnya, silahkan baca artikel berikut "Contoh Penggunaan Operator Penugasan pada C++".

Source Code Operator Penugasan C++
Gambar 1 Source Code Operator Penugasan pada C++

Header file yang digunakan di sini adalah stdio.h dan conio.h. Apabila masih kurang memahami atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang header file, maka silahkan baca Perbedaan Header File stdio.h, iostream.h, dan conio.h berikut ini.

Sama seperti operator aritmatika, secara garis besar, operator penugasan ini lebih menekankan pada pemberian nilai pada suatu variabel. Kedua hal ini dapat dibandingkan dengan melihat perbedaan antara source code pada Dasar Operator Aritmatika dan source code pada Operator Penugasan yang dibahas kali ini.

Perbedaannya terletak pada pemberian nilai pada suatu variabelnya, di mana sebelumnya tidak tedapat penugasan atau pemberian nilai, sehingga variabel a dan variabel b langsung dilakukan operasi dan kemudian ditampilkan hasilnya. Sedangkan pada operator penugasan, hasil dari operasi antara variabel a dan variabel b disimpan pada suatu variabel, misalnya variabel c dengan menggunakan operator "=".




Pada operator penugasan ini, nilai dari variabel a dan variabel b diberikan oleh user. Kemudian terdapat proses operasi aritmatika, yang mana hasil dari proses operasi aritmatika tersebut disimpan ke variabel lain. Hal ini ditunjukkan pada Gambar 1 baris ke-15 sampai baris ke-18. Operator "=" tersebut yang menjadi operator penugasan.

Hasil operasi ditampilkan berdasarkan dari variabel yang menyimpan nilai dari hasil proses operasi aritmatika sebelumnya, sehingga yang digunakan tidak lagi variabel a dan variabel b, melainkan variabel c, variabel d, variabel e, dan variabel f.

Hasil eksekusi source code pada Gambar 1 adalah sebagai berikut:

Hasil Eksekusi Operator Penugasan pada C++
Gambar 2 Hasil Eksekusi Operator Penugasan pada C++

Videonya dapat dilihat di sini.


Demikian pembahasan tentang Source Code Operator Penugasan pada Bahasa Pemrograman C++. Semoga artikel tentang Operator Penugasan pada Pemrograman C++, dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda sekalian. Terima kasih telah membaca "Contoh Operator Penugasan pada C++".

Contoh Penggunaan Operator Penugasan pada C++ 4.5 5 Kajian Informasi Saturday, March 29, 2014 Sebelumnya telah dibahas tentang Dasar-Dasar Operator Aritmatika pada C++ . Pada kesempatan kali ini, kajianinformasi.blogspot.com akan mem...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme